Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, dan video dengan alat bantu (tool)
dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya,
dan berkomunikasi.
1. Perangkat Keras Multimedia
1) Pengolah
a.
CPU
CPU,
singkatan dari Central Processing Unit. CPU adalah jantung dan otak komputer.
CPU menerima input data, mengeksekusi instruksi, dan memproses informasi. Ini
berkomunikasi dengan perangkat Input / Output (I/O), yang mengirim dan menerima
data ke dan dari CPU.
b.
GPU
Graphic
processing Units (GPU) adalah sirkuit elektronik khusus yang dirancang untuk
memanipulasi dan mengubah memori secara cepat untuk mempercepat pembuatan
gambar dalam frame buffer yang ditujukan untuk keluaran ke perangkat tampilan.
GPU digunakan dalam sistem embedded, ponsel, komputer pribadi, workstation, dan
konsol game. GPU modern sangat efisien dalam memanipulasi grafik komputer dan
pemrosesan gambar.
2) Perangkat Memori dan Penyimpanan
a. RAM
RAM (random
access memory) adalah tempat di perangkat komputasi di mana sistem operasi
(OS), program aplikasi dan data dalam penggunaan disimpan sehingga dapat dengan
cepat dijangkau oleh prosesor perangkat. RAM jauh lebih cepat untuk dibaca dan
ditulis dibandingkan dengan jenis penyimpanan lain di komputer, seperti hard
disk drive (HDD), solid-state drive (SSD) atau drive optik.
b. HDD
Hard disk
drive (HDD), hard disk, hard drive atau fixed disk adalah perangkat penyimpanan
data yang menggunakan penyimpanan magnetik untuk menyimpan dan mengambil
informasi digital menggunakan satu atau lebih disk yang berputar cepat
(piringan) yang dilapisi dengan material magnetik.
c.
Penyimpanan Eksternal
HDD
eksternal, USB flash drive, SSD (Solid State Drive) maupun CD-ROM adalah jenis
perangkat penyimpanan data dalam kategori ini. Perangkat dapat dibawa, memudahkan pengguna
untuk menyimpan file kapan saja dan dimana saja.
3) Perangkat Input
a.
Mouse
Mouse
komputer adalah alat penunjuk genggam yang mendeteksi gerakan dua dimensi
relatif terhadap permukaan. Gerakan ini biasanya diterjemahkan ke dalam gerakan
pointer pada layar, yang memungkinkan kontrol halus dari antarmuka pengguna grafis.
Ada beberapa jenis mouse, diantaranya adalah mouse optic dan laser. Salah satu
alat input vital dalam multimedia.
b.
Keyboard
Dalam
komputasi, keyboard komputer adalah perangkat bergaya mesin tik yang
menggunakan pengaturan tombol atau kunci untuk bertindak sebagai tuas mekanik
atau sakelar elektronik. Keyboard biasanya memiliki karakter yang terukir atau
dicetak pada tombol (tombol) dan setiap penekanan tombol biasanya sesuai dengan
simbol tertulis tunggal. Namun, untuk menghasilkan beberapa simbol membutuhkan
menekan dan menahan beberapa tombol secara bersamaan atau berurutan. Sementara
sebagian besar tombol keyboard menghasilkan huruf, angka atau tanda (karakter),
kunci lain atau penekanan tombol secara bersamaan dapat menghasilkan sebuah
tindakan atau menjalankan perintah komputer. Tersedia keyboard tradisional dan
mekanikal.
c.
Perangkat Tambahan
Termasuk
diantaranya adalah Drawing Tablet, Microphone, Motion Capture Suit dan sensor,
kamera, Scanner, dan alat-alat input pendukung lain yang dapat mempermudah
proses pembuatan multimedia serta digunakan tergantung kebutuhan.
4) Perangkat Output
a.
Monitor
Monitor
komputer adalah perangkat output yang menampilkan informasi dalam bentuk
bergambar. Monitor kualitas bagus akan menampilkan warna secara akurat.
Dibutuhkan resolusi tertentu agar pembuatan multimedia dapat berjalan lancar.
b.
Sound Card
Adalah
kartu ekspansi internal yang menyediakan input dan output sinyal audio ke dan
dari komputer di bawah kendali program komputer. Istilah sound card juga
diterapkan pada antarmuka audio eksternal yang digunakan untuk aplikasi audio
profesional. Untuk beberapa kasus, digunakan DSP (Digital Signal Processor): mikroprosesor
khusus yang memiliki arsitektur yang dioptimalkan untuk kebutuhan operasional
cepat dari pemrosesan sinyal digital. Prosesor Sinyal Digital (DSP) dapat
memproses data secara waktu nyata, membuatnya ideal untuk aplikasi yang tidak
dapat mentoleransi penundaan. Prosesor sinyal digital mengambil sinyal digital
dan memprosesnya untuk meningkatkan sinyal menjadi suara yang lebih jelas, data
lebih cepat atau gambar yang lebih tajam. Prosesor Sinyal Digital menggunakan
sinyal video, suara, audio, suhu atau posisi yang telah didigitalkan dan secara
matematis memanipulasinya. Sebuah prosesor sinyal digital dirancang untuk
melakukan fungsi-fungsi matematika ini dengan cepat. Sinyal diproses sehingga
informasi yang terkandung di dalamnya dapat ditampilkan atau dikonversi ke
jenis sinyal lain.
c.
ODD
Optical
disc drive (ODD) adalah disk drive yang menggunakan sinar laser atau gelombang
elektromagnetik di dalam atau di dekat spektrum cahaya yang terlihat sebagai
bagian dari proses membaca atau menulis data ke atau dari cakram optik.
Beberapa drive hanya dapat membaca dari cakram tertentu, tetapi drive terbaru
dapat membaca dan merekam, juga disebut burner atau penulis. Compact disc, DVD,
dan Blu-ray disc adalah jenis media optik yang umum yang dapat dibaca dan
direkam oleh drive tersebut.
2. Perangkat Lunak Multimedia
Dalam memilih perangkat lunak perlu
diperhatikan hal-hal seperti:
- · Kemudahan pengguna - Harus yang paling mudah, paling serbaguna, dan memiliki model yang paling banyak dibuat.
- · Pengiriman - Harus dapat mengembangkan satu konten untuk pengiriman pada berbagai jenis media.
- · Kegunaan - Harus memiliki kemampuan untuk menangani berbagai format teks, gambar video dan suara dengan presisi dan mudah.
- · Animasi - Harus memiliki kemampuan luas dalam hal simulasi interaktif, dukungan media, tombol animasi, ilustrasi, peta, dll.
- · Smoothness - Harus memiliki fitur anti-aliasing, yang berarti bahwa semua sisi huruf dan gambar halus.
- · Integrasi - Harus memiliki kemampuan integrasi dengan berbagai perangkat lunak yang digunakan untuk berbagai pekerjaan seperti Real, ActiveX, Shockwave, Flash, QuickTime, Photoshop dan aplikasi lainnya.
- · Klien - Harus memiliki aplikasi untuk desainer instruksional, ahli materi pelajaran, pengembang pelatihan, dan lainnya.
Perangkat Lunak dalam Multimedia
secara garis besar dapat dibagi menjadi:
- Pengeditan Teks dan Pengolah Kata
- OCR, berfungsi dengan scanner untuk
mengubah karakter tercetak menjadi teks digital, memungkinkan mencari atau
mengedit dokumen dalam program pengolah kata.
- Painting dan Drawing Tools
- 3D Modeling Tools
- Image Editing Tools
- Sound Editing Tools
- Animasi, Video, dan Film Digital
Tools
Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Graphics_processing_unit
https://en.wikipedia.org/wiki/Hard_disk_drive
https://en.wikipedia.org/wiki/Optical_disc_drive
http://www.nvidia.com/object/what-is-gpu-computing.html
https://www.slideshare.net/jn7patel/multimedia-software-tools
https://www.mindmeister.com/741628547/multimedia-hardware-and-software
http://www.futureelectronics.com/en/Microprocessors/digital-signal-processors.aspx
https://www.slideshare.net/mikemangovski7/multimedia-hardware-34974435
No comments:
Post a Comment