Sunday, June 24, 2018

WAP dan WWW


1. Pengertian WAP


Protokol aplikasi nirkabel (WAP) adalah protokol komunikasi yang digunakan untuk akses data nirkabel melalui sebagian besar jaringan nirkabel bergerak. WAP meningkatkan interoperabilitas spesifikasi nirkabel dan memfasilitasi konektivitas instan antara perangkat nirkabel interaktif (seperti ponsel) dan Internet.

Fungsi WAP dalam lingkungan aplikasi yang terbuka dan dapat dibuat pada semua jenis OS. Pengguna seluler lebih menyukai WAP karena kemampuannya untuk mengirimkan informasi elektronik secara efisien. WAP mencapai popularitas pada awal 2000-an, tetapi pada tahun 2010 itu sebagian besar telah digantikan oleh standar yang lebih modern. Kebanyakan peramban internet handset modern sekarang sepenuhnya mendukung HTML, sehingga mereka tidak perlu menggunakan markup WAP untuk kompatibilitas laman web, dan oleh karena itu, sebagian besar tidak lagi dapat merender dan menampilkan halaman yang ditulis dalam WML, bahasa markup WAP.

2. Kelebihan dan Kekurangan WAP

1) Kelebihan WAP

- Tidak adanya kepemilikan metode dalam mengakses internet dengan standar WAP, baik pada isi maupun layanan.
- Network yang independent karena WAP bekerja pada seluruh jaringan seluler yang ada, seperti CDPD, - CDMA, GSM, PDC, PHS, TDMA, FLEX, ReFLEX, Iden, TETRA, DECT, Data TAC, Mebitex, dan jaringan selular masa depan yang saat ini sedang dikembangkan seperti GPRS, dan 3G.
- Metode WAP telah diadopsi oleh hampir 95% produsen telpon seluler di dunia dalam memanfaatkan wireless internet access dan sedang diimplementasikan pada semua frekuensi.
- Dengan menggunakan teknologi GPRS, perhitungan akses dihitung berdasarkan jumlah bit yang terkoneksi yang harga nya Rp. 20/kbyte.

2) Kekurangan WAP

- Konfigurasi telepon selular untuk service WAP masih termasuk sulit.
- Jumlah telepon selular yang mendukung WAP masih terhitung sedikit.
- Protokol lain seperti SIM Application Toolkit dan MexE (Mobil Station Application Execution Environment) secara luas didukung dan didesain untuk bersaing dengan WAP.

3. Cara Kerja WAP

Untuk membuat konten Internet nirkabel, situs Web membuat versi khusus teks atau grafis rendah dari situs. Data dikirim dalam bentuk HTTP oleh server Web ke gateway WAP. Sistem ini mencakup penyandiaks WAP, penyusun skrip dan adaptor protokol untuk mengubah informasi HTTP menjadi WML. Gateway kemudian mengirim data yang dikonversi ke klien WAP pada perangkat nirkabel Anda.

Setelah informasi diterima oleh klien WAP, itu diteruskan ke minibrowser. Ini adalah aplikasi kecil yang dibangun ke dalam perangkat nirkabel yang menyediakan antarmuka antara pengguna dan Internet nirkabel.

Minibrowser tidak menawarkan apa pun selain navigasi dasar. Internet nirkabel masih jauh dari alternatif yang sesungguhnya ke Internet normal. Ini benar-benar diposisikan sekarang untuk orang-orang yang membutuhkan kemampuan untuk terhubung di mana pun mereka berada.

3. Pengertian WWW



World Wide Web (WWW) adalah kombinasi dari semua sumber daya dan pengguna di Internet yang menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP).

Definisi yang lebih luas berasal dari World Wide Web Consortium (W3C):

"World Wide Web adalah alam semesta informasi yang dapat diakses jaringan, perwujudan dari pengetahuan manusia."

Web, seperti yang umumnya dikenal, sering bingung dengan internet. Meskipun keduanya terhubung secara rumit, mereka adalah hal yang berbeda. Internet, seperti namanya, jaringan - jaringan global yang luas yang menggabungkan banyak jaringan yang lebih kecil. Dengan demikian, internet terdiri dari infrastruktur pendukung dan teknologi lainnya. Sebaliknya, Web adalah model komunikasi yang, melalui HTTP, memungkinkan pertukaran informasi melalui internet.

4. Cara Kerja WWW

World Wide Web didasarkan pada beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan pengguna untuk mencari dan berbagi informasi melalui Internet. Ini termasuk browser Web, Hypertext Markup Language (HTML) dan Hypertext Transfer Protocol (HTTP).

Untuk mengakses halaman web, Anda harus menggunakan browser Web, biasanya disebut sebagai browser. Browser web adalah program yang menampilkan teks, data, gambar, animasi, dan video di Internet. Browser web menyediakan antarmuka perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk menggunakan mouse Anda untuk mengklik sumber daya hyperlink di World Wide Web. Browser web awalnya hanya digunakan untuk berselancar di Web. Mereka sekarang lebih universal dan memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih banyak tugas, termasuk melakukan pencarian, mengirim e-mail, mentransfer file multimedia, berpartisipasi dalam kelompok diskusi dan banyak lagi. Beberapa contoh peramban Web yang umum digunakan adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Safari.


Daftar Pustaka:
https://en.wikipedia.org/wiki/Wireless_Application_Protocol
https://computer.howstuffworks.com/wireless-internet3.htm
https://whatis.techtarget.com/definition/World-Wide-Web
https://www.naijatechguide.com/2007/10/what-is-wap.html
http://www.freepngimg.com/internet/www
https://study.com/academy/lesson/world-wide-web-how-the-web-works.html
https://www.techopedia.com/definition/5103/wireless-application-protocol-wap

No comments:

Post a Comment