Sunday, March 25, 2018

Perangkat (Media) Pembuatan Aplikasi Multimedia


            Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi.

1. Perangkat Keras Multimedia

1) Pengolah

            a. CPU
            CPU, singkatan dari Central Processing Unit. CPU adalah jantung dan otak komputer. CPU menerima input data, mengeksekusi instruksi, dan memproses informasi. Ini berkomunikasi dengan perangkat Input / Output (I/O), yang mengirim dan menerima data ke dan dari CPU.

            b. GPU

            Graphic processing Units (GPU) adalah sirkuit elektronik khusus yang dirancang untuk memanipulasi dan mengubah memori secara cepat untuk mempercepat pembuatan gambar dalam frame buffer yang ditujukan untuk keluaran ke perangkat tampilan. GPU digunakan dalam sistem embedded, ponsel, komputer pribadi, workstation, dan konsol game. GPU modern sangat efisien dalam memanipulasi grafik komputer dan pemrosesan gambar.

2) Perangkat Memori dan Penyimpanan

a. RAM

RAM (random access memory) adalah tempat di perangkat komputasi di mana sistem operasi (OS), program aplikasi dan data dalam penggunaan disimpan sehingga dapat dengan cepat dijangkau oleh prosesor perangkat. RAM jauh lebih cepat untuk dibaca dan ditulis dibandingkan dengan jenis penyimpanan lain di komputer, seperti hard disk drive (HDD), solid-state drive (SSD) atau drive optik.

b. HDD
Hard disk drive (HDD), hard disk, hard drive atau fixed disk adalah perangkat penyimpanan data yang menggunakan penyimpanan magnetik untuk menyimpan dan mengambil informasi digital menggunakan satu atau lebih disk yang berputar cepat (piringan) yang dilapisi dengan material magnetik.

c. Penyimpanan Eksternal
HDD eksternal, USB flash drive, SSD (Solid State Drive) maupun CD-ROM adalah jenis perangkat penyimpanan data dalam kategori ini.  Perangkat dapat dibawa, memudahkan pengguna untuk menyimpan file kapan saja dan dimana saja.

3) Perangkat Input

            a. Mouse
            Mouse komputer adalah alat penunjuk genggam yang mendeteksi gerakan dua dimensi relatif terhadap permukaan. Gerakan ini biasanya diterjemahkan ke dalam gerakan pointer pada layar, yang memungkinkan kontrol halus dari antarmuka pengguna grafis. Ada beberapa jenis mouse, diantaranya adalah mouse optic dan laser. Salah satu alat input vital dalam multimedia.

            b. Keyboard
            Dalam komputasi, keyboard komputer adalah perangkat bergaya mesin tik yang menggunakan pengaturan tombol atau kunci untuk bertindak sebagai tuas mekanik atau sakelar elektronik. Keyboard biasanya memiliki karakter yang terukir atau dicetak pada tombol (tombol) dan setiap penekanan tombol biasanya sesuai dengan simbol tertulis tunggal. Namun, untuk menghasilkan beberapa simbol membutuhkan menekan dan menahan beberapa tombol secara bersamaan atau berurutan. Sementara sebagian besar tombol keyboard menghasilkan huruf, angka atau tanda (karakter), kunci lain atau penekanan tombol secara bersamaan dapat menghasilkan sebuah tindakan atau menjalankan perintah komputer. Tersedia keyboard tradisional dan mekanikal.

            c. Perangkat Tambahan
            Termasuk diantaranya adalah Drawing Tablet, Microphone, Motion Capture Suit dan sensor, kamera, Scanner, dan alat-alat input pendukung lain yang dapat mempermudah proses pembuatan multimedia serta digunakan tergantung kebutuhan.

4) Perangkat Output

            a. Monitor
            Monitor komputer adalah perangkat output yang menampilkan informasi dalam bentuk bergambar. Monitor kualitas bagus akan menampilkan warna secara akurat. Dibutuhkan resolusi tertentu agar pembuatan multimedia dapat berjalan lancar.

            b. Sound Card
            Adalah kartu ekspansi internal yang menyediakan input dan output sinyal audio ke dan dari komputer di bawah kendali program komputer. Istilah sound card juga diterapkan pada antarmuka audio eksternal yang digunakan untuk aplikasi audio profesional. Untuk beberapa kasus, digunakan DSP (Digital Signal Processor): mikroprosesor khusus yang memiliki arsitektur yang dioptimalkan untuk kebutuhan operasional cepat dari pemrosesan sinyal digital. Prosesor Sinyal Digital (DSP) dapat memproses data secara waktu nyata, membuatnya ideal untuk aplikasi yang tidak dapat mentoleransi penundaan. Prosesor sinyal digital mengambil sinyal digital dan memprosesnya untuk meningkatkan sinyal menjadi suara yang lebih jelas, data lebih cepat atau gambar yang lebih tajam. Prosesor Sinyal Digital menggunakan sinyal video, suara, audio, suhu atau posisi yang telah didigitalkan dan secara matematis memanipulasinya. Sebuah prosesor sinyal digital dirancang untuk melakukan fungsi-fungsi matematika ini dengan cepat. Sinyal diproses sehingga informasi yang terkandung di dalamnya dapat ditampilkan atau dikonversi ke jenis sinyal lain.

            c. ODD
            Optical disc drive (ODD) adalah disk drive yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik di dalam atau di dekat spektrum cahaya yang terlihat sebagai bagian dari proses membaca atau menulis data ke atau dari cakram optik. Beberapa drive hanya dapat membaca dari cakram tertentu, tetapi drive terbaru dapat membaca dan merekam, juga disebut burner atau penulis. Compact disc, DVD, dan Blu-ray disc adalah jenis media optik yang umum yang dapat dibaca dan direkam oleh drive tersebut.

2. Perangkat Lunak Multimedia
Dalam memilih perangkat lunak perlu diperhatikan hal-hal seperti:

  • ·         Kemudahan pengguna - Harus yang paling mudah, paling serbaguna, dan memiliki model yang paling banyak dibuat.
  • ·         Pengiriman - Harus dapat mengembangkan satu konten untuk pengiriman pada berbagai jenis media.
  • ·  Kegunaan - Harus memiliki kemampuan untuk menangani berbagai format teks, gambar video dan suara dengan presisi dan mudah.
  • ·  Animasi - Harus memiliki kemampuan luas dalam hal simulasi interaktif, dukungan media, tombol animasi, ilustrasi, peta, dll.
  • ·    Smoothness - Harus memiliki fitur anti-aliasing, yang berarti bahwa semua sisi huruf dan gambar halus.
  • ·  Integrasi - Harus memiliki kemampuan integrasi dengan berbagai perangkat lunak yang digunakan untuk berbagai pekerjaan seperti Real, ActiveX, Shockwave, Flash, QuickTime, Photoshop dan aplikasi lainnya.
  • ·     Klien - Harus memiliki aplikasi untuk desainer instruksional, ahli materi pelajaran, pengembang pelatihan, dan lainnya.


Perangkat Lunak dalam Multimedia secara garis besar dapat dibagi menjadi:

- Pengeditan Teks dan Pengolah Kata

- OCR, berfungsi dengan scanner untuk mengubah karakter tercetak menjadi teks digital, memungkinkan mencari atau mengedit dokumen dalam program pengolah kata.

- Painting dan Drawing Tools

- 3D Modeling Tools

- Image Editing Tools

- Sound Editing Tools

- Animasi, Video, dan Film Digital Tools

Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Graphics_processing_unit
https://en.wikipedia.org/wiki/Hard_disk_drive
https://en.wikipedia.org/wiki/Optical_disc_drive
http://www.nvidia.com/object/what-is-gpu-computing.html
https://www.slideshare.net/jn7patel/multimedia-software-tools
https://www.mindmeister.com/741628547/multimedia-hardware-and-software
http://www.futureelectronics.com/en/Microprocessors/digital-signal-processors.aspx
https://www.slideshare.net/mikemangovski7/multimedia-hardware-34974435

No comments:

Post a Comment