Saturday, September 30, 2017

Organisasi Komputer Dasar

Organisasi Komputer adalah hal-hal yang berkaitan dengan unit operasional komputer dan berhubungan dengan komponen sistem komputer, contohnya: hardware, interface, sinyal control, dan teknologi memori. Organisasi dasar komputer adalah bagaimana fitur-fitur pada sebuah komputer diimplementasikan.

Mikroprosessor  

Rangkaian terpadu tunggal yang mengandung ribuan gerbang digital yang dapat melakukan operasi aritmatika, logika, dan kontrol dari komputer general purpose. Mikroprosesor tergolong LSI. Semua komponen dipadukan dalam satu chip yang disebut single chip microcomputer.

Unit aritmatika dan kontrol  

Adalah proses operasi aritmatika secara built-in (didalam komputer dan ada sejak awal). Proses berlangsung secara cepat dan sekuensial. Isi memori berupa instruksi dan data, diletakkan secara kombinasi atau dipisah.

Unit masukan dan keluaran  

Penghubung komputer dengan dunia luar. Disebut juga sebagai peripheral. Dengan menggunakan ini, komputer dapat berkomunikasi secara realtime.

Bentuk komunikasi :  
- Serial  
- Pararel

Elemen Fungsi Utama Komputer



CPU mengendalikan urutan dari semua pertukaran informasi dalam komputer dan dengan dunia luar melalui unit I/O. Sedangkan unit memori terdiri dari sejumlah besar lokasi yang menyimpan program dan data yang sedang aktif digunakan CPU. Ketiga unit tersebut dihubungkan dengan berbagai macam bus.
Bus adalah sekelompok kawat atau sebuah jalur fisik yang berfungsi menghubungkan register-resgister dengan unit-unit fungsional yang berhubungan dengan tiap-tiap modul. Informasi saling dipertukarkan di antara modul dengan melalui bus.

Jenis Storage:  

-Volatile (Off = Hilang)  
-RAM  
-FlipFlop  
-NonVolatile (Off = Tidak Hilang)  
-ROM  
-PROM  
-EPROM  
-EEPROM

- Magnetic Disk

No comments:

Post a Comment